• Minggu, 5 Februari 2023

BMKG Berikan Penjelasan seperti ini, Terkait Deteksi akankah Terjadi Gempa Bumi Susulan di Kabupaten Garut

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:41 WIB
BMKG Berikan Penjelasan seperti ini, Terkait Deteksi akankah Terjadi Gempa Bumi Susulan di Kabupaten Garut (Foto: tangkapan layar website BMKG)
BMKG Berikan Penjelasan seperti ini, Terkait Deteksi akankah Terjadi Gempa Bumi Susulan di Kabupaten Garut (Foto: tangkapan layar website BMKG)


Jakarta Trend – Gempa bumi telah mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu sore, 3 Desember 2022 pukul 16.49 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mendeteksi bahwa gempa yang terjadi Sabtu sore ini di Garut berkekuatan magnitude 6,1.

Ketika BMKG di tanya akankah terjadi gempa susulan di wilayah Kabupaten Garut, berikut ini merupakan penjelasan yang dapat kami berikan untuk Anda.

Baca Juga: Manfaat BPJAMSOSTEK untuk Para Pekerja Formal dan Informal Selain untuk Kesejahteraan, Kenapa Penting?

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, mengatakan telah memperhatikan lokasi episenter di darat wilayah Mekarmukti, Garut pada kedalaman 109 kilometer yang merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo Australia.

Sementara itu, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Dilansir oleh JakartaTrend.com dari antaranews, Sabtu pada 3 Desember 2022.

Baca Juga: Nonton Drakor Reborn Rich, Link Streaming dan Spoiler Episode 7: Yang Cheol Ciptakan Kompetisi Balas Dendam

Gempa bumi dirasakan di wilayah Garut dengan skala instensitas IV MMI yang dirasakan oleh masyarakat setempat.

Sementara wilayah Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, Tasikmalaya merasakan getaran dengan skala III MMI yang dirasakan di dalam rumah seakan truk sedang lewat.

Halaman:

Editor: AG Nungki Kusumaningrum

Sumber: Antaranews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X