• Minggu, 5 Februari 2023

Seberapa penting Trauma Healing untuk Anak Korban Gempa Cianjur? Inilah Penjelasannya

- Selasa, 29 November 2022 | 18:24 WIB
Polda Jawa Barat berikan trauma healing kepada anak-anak korban gempa bumi Cianjur. (Foto: PMJ News)
Polda Jawa Barat berikan trauma healing kepada anak-anak korban gempa bumi Cianjur. (Foto: PMJ News)

JakartaTrend - Gempa Cianjur magnitudo 5,6 telah mengguncang beberapa wilayah kabupaten Cianjur pada hari senin tanggal 21 November 2022.

Gempa Cianjur tersebut menimbulkan gempa susulan yang jumlahnya hingga ratusan kali, dan hal itu meninggalkan trauma tersendiri bagi warga korban gempa terutama anak-anak.

Anak-anak saat ini, bersama orang tua dan kerabatnya yang mengungsi, berada di tenda - tenda darurat mulai mendapat perhatian dengan diberikan trauma healing.

Baca Juga: Update Gempa Bumi Cianjur, Semalam masih Terjadi Gempa Susulan Hingga 304 Kali

Trauma healing sendiri adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu.

Gempa Cianjur dan gempa susulan tersebut menyebabkan semua warga harus mengungsi ke tenda-tenda darurat.

Polda jabar yang diwakili oleh para polwan memberikan trauma healing kepada anak-anak yang menjadi korban bencana gempa bumi di kampung Bunipasir, Kecamatan Karangtengah Cianjur.

Baca Juga: Sinopsis Novel Online Dasar Orang Batak Karya Choorezk, Novel Romcom yang terbit di GoodDreamer

Metode yang digunakan oleh polwan adalah dengan cara mengajak anak-anak bermain dan menghibur, serta memberikan makanan ringan serta hadiah.

Selain memberikan trauma healing, Polwan dari Polda Jabar pun memberikan bantuan berupa shock therapy untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya.

Halaman:

Editor: Susilawati

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X